Selasa, 13 September 2011

Novel Andrea Hirata : Laskar Pelangi

Laskar Pelangi adalah novel pertama karya Andrea Hirata. yang diterbitkan oleh Bentang Pustaka pada tahun 2005. Novel ini menceritakan tentang kehidupan 10 anak dari keluarga miskin yang berjuang untuk dapat sekolah. Mereka adalah Ikal, Lintang, Sahara, Mahar, A Kiong, Syahdan, Kucai, Borek (Samson), Trapani, dan Harun.

Persahabatan yang terjalin dengan sederhana ini menunjukkan betapa indahnya hidup meski dalam serba keterbatasan. Seorang guru yang sabar dan ikhlas mengamalkan ilmunya untuk 10 Laskar Pelangi ini, Bu Muslimah. Yang mengajarkan arti hidup betapa kita tak boleh menyerah pada keterbatasan ini. Kita harus tetap menggantungkan mimpi setinggi mungkin. yang pastinya tidak hanya digantung, tapi juga berusaha untuk meraihnya.

 Meski, di tengah jalan Lintang, sang Einstein SD Muhammadiyah, harus mengalah untuk tidak dapat bersekolah. Mahar yang tetap eksis dengan jiwa seninya. Namun persahabatan mereka tetap terjalin dengan indah.

Novel ini membuktikan bahwa tak ada sesuatu yang mustahil. Segala sesuatu bisa terwujud dengan usaha dan kemauan yang keras. Bahwa garis hidup tidak hanya dapat diserahkan pada latar belakang keluarga, latar belakang pendidikan. Banyak hal yang dapat kita pelajari di luar bangku sekolah.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar